CX Designer dan CX Programmer

LAPORAN EKSPERIMEN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER

PROGRAM STUDI S1 ELKTRONIKA DAN INSTRUMENTASI

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Disusun Oleh:

Nama : Fandri Dulhadh
NIM : 16/398402/PA/17363

Tujuan Eksperimen :

Memahami cara mengoperasikan CX Designer

Dasar Teori :

Dalam paket pembelian software CX ada berbagai macam sub software dengan fungsi dan kegunaan masing-masing, diantaranya :

CX Programmer : berfungsi untuk merancang, mendownload dan mengupload program PLC dengan Bahasa pemrograman menggunakan ladder, statement list dan function block diagram.

CX Designer : berfungsi untuk mendesain Human Machine Interface.

CX Integrator : berfungsi untuk setting komunikasi antar PLC.

CX-Programmer merupakan software khusus untuk memprogram PLC buatan OMRON. CX Programmer ini sendiri merupakan salah satu software bagian dari CX-One. Dengan CX-Programmer ini dapat diprogram aneka PLC buatan omron dan salah satu fiturnya yaitu adanya fitur simulasi tanpa harus terhubung dengan PLC, sehingga dapat mensimulasikan ladder yang telah dibuat, dan simulasi ini juga bisa  dihubungkan dengan HMI PLC Omron yang telah dibuat dengan menggunakan CX-Designer (bagian dari CX-One).

Tujuan dari HMI adalah untuk meningkatkan interaksi antara mesin dan operator melalui tampilan layar komputer serta memenuhi kebutuhan pengguna terhadap informasi sistem yang sedang berlangsung.

Berikut fungsi lain dari HMI :

  1. Mengawasi kondisi plant secara real time tanpa perlu keluar dari ruang kontrol.
  2. Pengaturan, misal pengaturan alarm untuk high priority dan low priority.
  3. Menampilkan grafik dari sebuah proses, misal temperatur dari sistem yang bersangkutan.

Ladder Diagram :

Hasil dan Pembahasan :

Pada eksperimen kali ini akan dibuat rangkaian pada CX Programmer dengan 2 alamat output dan 4 alamat input. Alamat output dalam praktikum ini terdiri dari 2 alamat bit kerja dan 1 alamat output akhir. Inputan 1 dan inputan 2 dirangkai dengan logika OR yaitu di parallel sedangkan inputan 3 dan inputan 4 dirangkai dengan logika AND yaitu di seri. Kedua hasil output akan dirangkai dengan logika OR sehingga didapat hasil output akhir. Hasilnya seperti yang terlihat pada gambar diagram ladder di atas.

Mensimulasikan diagram ladder tersebut dilakukan dengan cara memilih pada Menu Simulation lalu klik Work Online Simulator.

CX Designer dapat digunakan sebagai simulator yang dikombinasikan dengan CX Programmer untuk menguji kerja program PLC sebelum ditransfer ke dalam PLC. Untuk melakukan itu perlu dibuat terlebih dahulu layar simulasi pada CX Designer.

Desain 4 tombol dengan menekan icon PB dalam layar kerja CX Designer. Double klik pada tombol-tombol tersebut dan ubah alamatnya, sesuaikan dengan alamat input pada CX Programmer. Jika inputan berarti pilih Work Area dan gunakan prinsip push button dengan memilih momentary.

Berikutnya desain 3 lampu indikator dengan menekan icon B dalam layar kerja CX Designer. Double klik pada lampu-lampu indikator tersebut dan ubah alamatnya seperti saat pengaturan tombol. Sesuaikan dengan alamat pada output CX Programmer. Jika output berarti pilih Common I/O Area.

Berikutnya beri nama pada setiap item yang ada di layar kerja CX Designer. Hasilnya akan seperti berikut.

Mulai simulasi dengan memilih Tools – Test. Pastikan anda membuka program PLC yang sesuai pada CX Programmer dan dalam kondisi Work Online Simulator. Pilih Connect to CX Simulator, lalu Klik Start. Selanjutnya akan tampil layar HMI sesuai yang anda desain, dan simulasi dapat dilakukan.

Lampu pada CX Designer akan menyala sesuai dengan logika output pada CX Programmer.

Kesimpulan :

Human Machine Interface merupakan suatu sistem yang menghubungkan antara manusia dan teknologi mesin. Pada umunya HMI berupa computer, dengan display di Monitor CRT/LCD.

CX Designer sangat memudahakan dalam proses pembuatan HMI ini karena simple dan cepat dipahami serta dimengerti. 

Referensi :

https://www.slideshare.net/mekatronika_pma/hmi-46794700

http://lecturer.ppns.ac.id/noormanrinanto/wp-content/uploads/sites/32/2017/04/2015_Modul_Ajar_Praktikum_PLC_R_opt.pdf

http://jagootomasi.com/cara-simulasi-plc-omron-dengan-cx-programmer-dan-cx-designer/

Leave a Reply

Your email address will not be published.