SIMULATOR PLC KONVEYOR APEL

LAPORAN EKSPERIMEN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER

PROGRAM STUDI S1 ELKTRONIKA DAN INSTRUMENTASI

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Disusun Oleh:

Nama : Fandri Dulhadh
NIM : 16/398402/PA/17363

Tujuan Eksperimen :

Memahami cara mensimulasikan PLC dengan contoh-contoh kasus

Dasar Teori :

Berdasarkan namanya, konsep Programmable Logic Controller adalah sebagai berikut:

Programmable, menunjukkan kemampuan untuk menyimpan program yang telah dibuat ke dalam memory, yang dengan mudah dapat diubah-ubah fungsi atau kegunaannya.

Logic, menunjukkan kemampuan dalam memproses input secara aritmatik dan logic (ALU), yakni melakukan operasi membandingkan, menjumlahkan, mengalikan, membagi, mengurangi, negasi, AND, OR, dan lain sebagainya.

Controller, menunjukkan kemampuan dalam mengontrol dan mengatur proses sehingga menghasilkan output yang diinginkan.

Dalam eksperimen ini digunakan Machine Simulator PLC. Kasus yang disimulasikan adalah konveyor box bergerak memindahkan box hingga sensor mendeteksi box. Ketika sensor mendeteksi box maka konveyor box berhenti dan konveyor apel berjalan. Di ujung konveyor apel terdapat sensor sebagai counter buah apel yang masuk ke box. Ketika box sudah diisi 3 buah apel maka konveyor box kembali aktif bergerak memindahkan box tersebut.

 

 

 

Ladder Diagram :

Hasil dan Pembahasan :

Dalam eksperimen ini akan disimulasikan kasus untuk simulasi konveyor apel. Tombol start menjadi inputan dengan alamat 0.03 dan tombol stop juga menjadi inputan dengan alamat 0.04. Inputan start ini harus di latching supaya sistem dapat hidup terus menerus dan hanya akan berhenti ketika tombol stop di tekan. Ketika tombol start ditekan maka konveyor box dengan alamat 100.01 akan berjalan terus hingga dideteksi oleh sensor box (jenis inputan NC) dengan alamat 0.02 atau waktu timer habis dan mematikan konveyor box.

Kemudian ketika konveyor box tidak aktif maka konveyor apel dengan alamat 100.02 akan aktif. Konveyor apel akan membawa apel melewati sensor counter apel dengan alamat 0.01.

Sensor ini akan mendeteksi dan menghitung jumlah apel yang telah dilewati, jika apel yang sudah dideteksi berjumlah 3 maka timer akan aktif dan mulai menghitung mundur sebelum menjalankan kembali konveyor box. Setelah waktu habis maka konveyor bisa berjalan kembali. Counter juga akan reset dengan alamat 0.05 sehingga hitungannya akan kembali ke nol.

Kesimpulan :

PLC dapat digunakan untuk mensimulasikan sistem-sistem industri sehingga dapat direncanakan secara tepat dan dapat diimplementasikan dengan baik. Dengan simulasi kasus-kasus juga dapat meminimalisir error dalam proses-proses pada industry sehingga pabrik dapat bekerja secara maksimal dan perusahaan tidak dirugikan.

Referensi :

https://media.neliti.com/media/publications/139271-none-013a9848.pdf

http://blog.unnes.ac.id/antosupri/pengertian-plc-programmable-logic-control/

https://ndoware.com/apa-itu-plc.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.